Home » Akademik » Pengawasan dan Pelaksanaan Ujian Tertulis SBMPTN 2018 di Sublokasi FMIPA Unila

Pengawasan dan Pelaksanaan Ujian Tertulis SBMPTN 2018 di Sublokasi FMIPA Unila

FMIPA Unila – Selesai sudah pelaksanaan tes tertulis SBMPTN di tahun 2018, yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 kemarin. Seperti tahun-tahun sebelumnya, FMIPA merupakan salah satu lokasi yang kerap kali dipakai untuk pelaksanaan tes tertulis SBMPTN untuk bidang Saintek. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Sutopo Hadi, S.Si., M.Sc., sebagai penanggung jawab lokasi di FMIPA melaporkan bahwa di tahun 2018, peserta SBMPTN yang melaksanakan ujian di FMIPA sebanyak 540 peserta yang tersebar di 27 ruang. Untuk pengawasan, FMIPA mengerahkan sebanyak ± 120 orang tenaga pendidik dan kependidikan sebagai pengawas yang tersebar di beberapa lokasi pelaksanaan SBMPTN, dan 54 orang diantaranya melaksanakan pengawasan di FMIPA.

Dalam pelaksanaannya, FMIPA menggunakan Ruang Sidang yang berada di Gedung Dekanat Lt.2 sebagai tempat Kesekretariatan Sublokasi SBMPTN 2018 yang di koordinir oleh Wakil Dekan  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Suratman, M.Sc. dan Kabag TU, Amdan, S.H., M.H. Kesekretarian ini sendiri berfungsi sebagai tempat pendistribusian naskah soal ujian dan lembar jawaban baik pada saat sebelum pelaksanaan maupun sesudah pelaksanaan tes untuk  setiap sesi nya. Untuk pengawas SBMPTN di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana di tahun ini penangggung jawab ruangan bertanggung jawab langsung kepada penanggung jawab sublokasi, baik pada saat pengambilan dan pengembalian naskah soal dan lembar jawaban.

Disela-sela pelaksanaan pengawasan SBMPTN, Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., berkesempatan hadir di kesekretariatan SBMPTN sublokasi FMIPA untuk menemui beberapa orang koordinator pelaksana. Dalam kunjungan kali ini, Rektor berpesan agar koordinator lokasi dapat menghimbau kepada setiap pengawas yang ada untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya, untuk menghindari tindak kecurangan yang dilakukan oleh peserta. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah untuk selalu mengingatkan kepada seluruh peserta untuk mengisi biodata pada LJU dengan benar agar jerih payah dalam mengerjakan soal nantinya tidak gagal hanya dikarenakan kesalahan dalam mengisi biodata.

Dalam pelaksanaan tes tertulis SBMPTN di tahun 2018 tentu ditemui berbagai macam kendala yang dihadapi. Beberapa kendala yang ada diantaranya, amplop AJ1 untuk penempatan LJU terisi yang kondisi terlalu kecil, sehingga panitia menginstruksikan kepada setiap PJ ruangan agar memasukan LJU yang telah terisi dan berada dalam kantong plastik kedalam amplop LJU semula yang pada bagian depannya telah ditempelkan amplop AJ1 dan disegel dengan stiker.

Untuk peserta tes, kedala yang dihadapi diantaranya jumlah peserta yang tidak hadir khususnya di sublokasi FMIPA mencapai ± 31 orang, seperti yang ditemukan dalam kunjungan singkat Dekan FMIPA ke setiap ruangan yang ada. Selain itu, ada beberapa orang peserta yang kedapaatan tidak membawa ijazah seperti yang dipersyaratkan untuk mengikuti tes, serta ada juga perbedaan foto peserta yang tertera di ijazah/surat keterangn lulus yang tidak sama kondisi pada saat pelaksanaan tes.

Terlepas dari semua kendala yang ditemui, secara umum proses pengawasan dan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018 di FMIPA ini dapat berjalan denganbaik dan tertib.

Check Also

Kuliah Umum Penerapan Machine Learning di Bidang Bioinformatika

Jurusan Ilmu Komputer menghadirkan M Reza Faisal, Doktor dari Kanazawa University Jepang, untuk memberikan kuliah umum …

Leave a Reply