Home » Kemahasiswaan » Sebanyak 62 Orang Calon Mahasiswa Angkatan 2018 Ajukan Banding UKT

Sebanyak 62 Orang Calon Mahasiswa Angkatan 2018 Ajukan Banding UKT

FMIPA Unila – Berdasarkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 yang telah disampaikan, sebanyak 133 orang calon mahasiswa telah diterima untuk menjadi mahasiswa di FMIPA Unila. Sebagai tahap penerimaan selanjutnya, seluruh calon mahasiswa wajib menginput data mengenai kondisi keluarga, tempat tinggal, dan keuangan orang tua untuk mendapatkan nilai nominal Uang Uliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan nantinya. Dalam proses tersebut, dapat dipastikan terdapat beberapa orang calon mahasiswa yang berkeberatan dari jumlah UKT yang harus dibayarkan setiap semester nya. Tahun ini saja, dari jalur SNMPTN, FMIPA sudah menerima usulan banding UKT sebanyak 62 berkas. Untuk merespon usulan banding terebut, FMIPA menggelar posko untuk ke 62 orang tua calon mahasiswa untuk dapat menngajukan banding yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Mei 2018 yang bertempat di Ruang Kuliah Lt. 1 Gedung Dekanat FMIPA.

Ketua dan Sekretaris Jurusan, serta Kabag. Tata Usaha FMIPA di tunjuk sebagai Tim Verifikator, yang berkerja untuk memverifikasi berkas-berkas usulan banding UKT tersebut. Bagi calon mahasiswa yang mengajukan banding wajib membawa berkas-berkas pendukung yang diperlukan dan orang tua wajib mendampingi pada saat verifikasi berkas.

 

“Besarnya UKT yang harus dibayarkan calon mahasiswa tergantung dari pekerjaan atau kemapuan para orang tua untuk membayar UKT tersebut. Dari 62 orang calon mahasiswa yang mengajukan banding, hanya sekitar 52 orang yang hadir dalam verifikasi berkas banding. dari ke-52 orang tersebut, alasan orang tua yang mendasari untuk mengajukan banding pun beragam, dari hanya mencoba-coba untuk banding atau pun merasa berkeberatan dengan jumlah UKT yang harus dibayarkan. Pekerjaan orang tua yang mendominasi pengajuan banding tersebut ada yang berkerja sebagai pengusaha dan PNS, dan selebihnya sebagai buruh, nelayan, dan petani. Tidak sedikit dari orang tua calon mahasiswa yang mengajukan banding tersbut memiliki kebun atau sawah milik pribadi sebagai mata pencaharian mereka” ujar Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan seusai meninjau pelaksanaan bading UKT tersebut.

 

Check Also

Dean Award 2018

FMIPA Unila – Kembali Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung memberikan suatu penghargaan …

Leave a Reply