Home » Agenda » Evaluasi Kerjasama dan Nota Kesepahaman Antara BPTM-LIPI dengan FMIPA Unila beserta Stakeholder Lainnya

Evaluasi Kerjasama dan Nota Kesepahaman Antara BPTM-LIPI dengan FMIPA Unila beserta Stakeholder Lainnya

FMIPA Unila – Pada hari Senin (30 Juli 2018) yang lalu, FMIPA Unila berkesempatan menghadiri undangan dari Balai Penelitian Teknologi Mineral (BPTM) LIPI yang berlokasi di Tanjung Bintang – Lampung, dalam rangka Forum Group Discussion  yang membahas Evaluasi Kerjasama dan Nota Kesepahaman antara BPTM-LIPI dengan para stakeholder terkait. Acara FGD yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung A BPTM-LIPI ini di hadiri oleh 16 stakeholder terkait, yakni dari Universitas Lampung (Fakulta MIPA dan Jurusan Teknik Kimia), Pemerintah Provinsi Lampung, Universitas Malahayati (Departemen Metalurgi dan Material, serta dari Prodi. Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Mesin), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Jurusan Teknik Metalurgi), Universitas Saburai (Fakultas Teknik), Universitas Gadjah Mada (Departemen Teknik Kimia), Institut Teknologi dan Sains Bandung, Universitas Trisakti (Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi), Institut Teknologi Sumatera, dan SMKN 8 Bandar Lampung. Dalam acara FGD tersebut, FMIPA diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Sutopo Hadi, S.Si., M.Sc., ; Ketua dan Sekretaris Jurusan Fisika, Arif Surtono, S.Si., M.Eng. dan Gurum Ahmad Pauzi, S.Si., M.T.

Sebagai bahan awal untuk melakukan evaluasi kerjasama, BPTM-LIPI terlebih dahulu mengirimkan Form. Evaluasi Kerjasama yang terlebih dahulu di isi oleh para stakeholder, yang selanjutnya akan menjadi pokok bahasan dalam acara FGD kali ini. Acara FGD ini diawali dari pemberian sambutan dari Kepala BPTM Bpk. Driszal Frayntoni, M.Eng.Sc., selayang pandang tentang BPTM yang disampaikan oleh Kasie Jasa Informasi Bpk. Yoka Pramadi, S.Kom., M.I.Kom., presentasi pengantar diskusi yang disampaikan oleh Bpk. Taufik Hidayat, serta di lanjutkan dengan formum diskusi. Dalam forum diskusi, FMIPA Unila yang diwakili oleh Wakil Dekan 1  menyampaikan bahwa sejak terjalinnya kerjasama antara FMIPA Unila dengan BPTM-LIPI, baru Jurusan Fisika yang sangat aktif dalam memenuhi kebutuhan perjanjian kerjasama tersebut. Selain itu juga, jika ada publikasi yang melibatkan kedua belah pihak, FMIPA siap membantu dalam mempublikasikannya, terutama ke jurnal yang terindeks scopus. Untuk publikasi di jurnal yang terindeks scopus, FMIPA sampai saat ini masih menjadi bagian dari Universitas Lampung yang sangat produktif dalam hal tersebut.

Dalam forum diskusi dan tanya jawab yang dilakukan, diambil kesimpulan bahwa dalam pemenuhan kerjasama antara BPTM-LIPI dan stakeholder, selain pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan atau penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa, perlu juga ada nya jalinan kerjasama dalam bidang penelitian antara Dosen di perguruan tinggi dengan para peneliti di BPTM-LIPI itu sendiri dan juga BPTM-LIPI akan tetap meneruskan kerjasama yang sudah terjalin dengan para stakeholder. BPTM-LIPI kemudian membentuk FGD dalam forum chat whastapp (WA) yang berisikan seluruh stakeholder terkait, dimana hal tersebut dilaksanakan sebagai langkah awal dalam menindak lanjut hasil evaluasi tersebut. Dalam acara tersebut, dilaksanakan tour bagi para utusan dari setiap stakeholder yang ada dan tidak dapat ikut menghadiri forum diskusi.

 

Check Also

Dies Natalis FMIPA Unila ke-23 : Untuk FMIPA yang Lebih Baik

Kegiatan Dies Natalis FMIPA ke-23 tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Olimpiade Sains, Matematika, dan …

Leave a Reply