Home » Agenda » Sosialisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan (RISET IPTEKKES) 2018

Sosialisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan (RISET IPTEKKES) 2018

Padang – pada hari Senin (13/8) yang lalu Dekan FMIPA, Prof. Warsito, S.Si., DEA., Ph.D., menghadiri Sosialisasi Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan (RISET IPTEKKES) 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2018 bertempat di Premier Basko Hotel, Padang.

Dalam sambutannya, Ketua Balitbang Kesehatan, dr. Siswanto menyampaikan bahwa “Riset dalam bidang kesehatan saat ini sudah bersifat kompetitif dan bukan berdasarkan cluster lagi, dan hal yang terpenting dari riset yang ada haruslah bermanfaat dalam bidang kesehatan.

Dari materi yang diutarakan saat sosialisasi, ada 2 topik utama riset yang perlu dilaksanakan, yakni riset yang bersifat inovasi dan yang bersifat evaluatif. Inovasi sendiri dimaksudkan adalah menghasilkan suatu terobosan dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat pada saat ini. Adapun masalah kesehatan yang saat ini sering diahadapi adalah pola makan yang tidak teratur, perilaku keseharian yang tidak sehat, dan manajemen lingkungan yang buruk. Sedangkan riset evaluatif dimaksudkan untuk mengembangkan riset yang sudah ada sebelumnya, sehingga menghasilkan pembaharuan dari riset tersebut.

Dari riset kesehatang yang ada, diharapkan menghasilkan suatu inovasi aatau pembaharuan riset yang telah ada dan turut serta mendukung perbaikan program kerja dalam bidang kesehatan.

Ditahun 2019, yang menjadi prioritas riset dalam bidang kesehatan adalah cara mengatasi suatu masalah kesehatan, antara lain kasus stunting yang ada, penyebaran penyakit menular, cakupan dan pelaksanaan multi-imunisasi, dan perbaikan manajemen lingkungan.

Untuk mendukung program tersbut, maka Balitbang Kesehatan telah membuka pendaftaran sebagai peserta riset, dimana bagi yang berminat dapat membuka dan mendaftar di halaman http://risetiptekkes.litbang.kemkes.go.id/

Check Also

Dies Natalis FMIPA Unila ke-23 : Untuk FMIPA yang Lebih Baik

Kegiatan Dies Natalis FMIPA ke-23 tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Olimpiade Sains, Matematika, dan …

Leave a Reply