Home » Akademik » Kuliah Umum Penerapan Machine Learning di Bidang Bioinformatika

Kuliah Umum Penerapan Machine Learning di Bidang Bioinformatika

Jurusan Ilmu Komputer menghadirkan M Reza Faisal, Doktor dari Kanazawa University Jepang, untuk memberikan kuliah umum bidang Bioinformatika kepada mahasiswa S1 Ilmu Komputer pada hari Kamis (29/11).  Kuliah umum yang diadakan merupakan rangkaian dari kegiatan kuliah umum yang telah direncanakan Jurusan Ilmu Komputer pada semester Ganjil 2018/2019.

Kuliah umum diikuti oleh ratusan mahasiswa  Ilmu Komputer angkatan 2015 dan 2016 yang saat ini tengah mempersiapkan skripsi  sebagai project akhir perkuliahan. Kegiatan kuliah umum dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Warsito S.Si., DEA., Ph.D. yang  dalam sambutannya menyatakan bahwa  kegiatan-kegiatan serupa  dapat memberikan pemicu untuk menumbuhkan bidang minat penelitian terkait bioinformatika.

Tidak kurang dari 2 jam, mahasiswa diberi wawasan tentang tema-tema penelitian ilmu komputer di bidang bioinformatika, serta implementasi machine learning yang dekat dengan tema penelitian mahasiswa ilmu komputer. Kuliah umum diselingi juga dengan tanya jawab dan diskusi dengan mahasiswa. Sebagai moderator dalam acara tersebut adalah Favorisen R. Lumbanraja, S.Si., M.Si., Ph.D, dosen mata kuliah bionformatika di Jurusan Ilmu Komputer.

M Reza Faisal, S.T., S.Si., M.T., Ph.D saat ini aktif sebagai dosen pengajar di Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lambung Mangkurat , Kalimantan Selatan. Selain telah menyelesaikan disertasi dalam budang bioinformatika di Kanazawa University, beliau juga merupakan Microsoft Most Valuable Professional dalam ASP.NET/IIS. Kegiatan kuliah umum ini juga menginisiasi rencana kerjasama kedua program studi dalam tridarma perguruan tinggi, baik itu penelitian, kuliah umum dan pelatihan, serta publikasi bersama. [astria hijriani].

Sumber Asli:
http://staff.unila.ac.id/astria/2018/11/29/kuliah-umum-penerapan-machine-learning-di-bidang-bioinformatika/

 

Check Also

Dies Natalis FMIPA Unila ke-23 : Untuk FMIPA yang Lebih Baik

Kegiatan Dies Natalis FMIPA ke-23 tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Olimpiade Sains, Matematika, dan …

Leave a Reply