Home » Agenda » Melalui Kegiatan World Class Professor, Mari Kita Tingkatkan Produktivitas Dalam Publikasi Internasional

Melalui Kegiatan World Class Professor, Mari Kita Tingkatkan Produktivitas Dalam Publikasi Internasional

Universitas Lampung (Unila) mendapatkan kesempatan mendatangkan Ilmuwan dari Luar Negeri melalui pendanaan World Class Pofessor (WCP) Program Scheme-B dari Kemenristek Dikti yang diketuai oleh Dr. Noviany dari Jurusan Kimia FMIPA. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kegiatan kerja sama internasional yang baru dirintis antara Unila dan Oregon State University  (OSU) pada Februari 2018 lalu. Kegiatan WCP meliputi berbagai acara yang diadakan di tingkat universitas maupun fakultas diantaranya yaitu Fine Tuning of Joint Publication, Writing on joint Research Proposal, Public Lecture, Guest Lecture, dan Research Tutorial. Acara ini diadakan dari tanggal 19 Oktober sampai 11 November 2018 dengan Pembicara Prof Taifo Mahmud, Ph.D dari OSU,  USA dan dihadiri oleh dosen serta mahasiswa.

Program WCP merupakan salah satu pilihan yang sangat selaras bagi kesiapan Unila dalam mencapai milestone Peningkatan Daya Saing Nasional dan Regional” pada periode 2016-2020. Melalui kegiatan WCP yang telah dilakukan dan dikoordinir oleh FMIPA, diharapkan untuk seterusnya FMIPA dapat menjadi fakultas terdepan dalam membantu upaya Unila dalam melakukan akselerasi pencapaian visi untuk menjadi Top Ten University di Indonesia.

Di FMIPA sendiri, kegiatan WCP dilaksanakan sebanyak 3 kali, yaitu pada saat acara Diskusi Cendikia MIPA (DCM), Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional, dan Kuliah Umum. Dalam kegiatan DCM yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018 di Ruang Sidang Dekanat FMIPA Lt. 2, Prof. Taifo Mahmud, Ph.D. memaparkan materi tentang “Research Opportunities and Challanges for Indonesian Research”, dimana kegiatan ini di hadiri oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan FMIPA Unila.

Sedangkan pada tanggal 30 Oktober 2018, FMIPA mengadakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional, dan Kuliah Umum yang dilaksanakan di Ruang Sidang Dekanat FMIPA Lt. 2 dan Ruang Kuliah Dekanat FMIPA Lt.3, serta dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FMIPA Unila.

Check Also

Kuliah Umum Penerapan Machine Learning di Bidang Bioinformatika

Jurusan Ilmu Komputer menghadirkan M Reza Faisal, Doktor dari Kanazawa University Jepang, untuk memberikan kuliah umum …

Leave a Reply