Home » Agenda » Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Untuk CPNS (Formasi Dosen) Tahun 2018 di FMIPA Unila

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Untuk CPNS (Formasi Dosen) Tahun 2018 di FMIPA Unila

FMIPA Unila – Saat ini rasio jumlah dosen tetap terhadap jumlah mahasiswa yang aktif dapat dikatakan menurun, hal ini disebabkan karena di beberapa perguruan tinggi telah meningkatkan daya tampungnya guna mendukung Renstra Kemenristekdikti, namun hal tersebut tidak diikuti oleh penambahan dosen tetap PNS. Selain itu, penurunan rasio ini juga disebabkan oleh beberapa dosen telah pension, sehingga jumlah dosen tetap pun berkurang.

Untuk mengejar kebutuhan dosen, pemerintah melalui Kemenristekdikti membuka penerimaan CPNS sebanyak 8.000 formasi dosen. Untuk Universitas Lampung sendiri mendapatkan jumlah penerimaan untuk formasi dosen sebanyak 162 orang dan dari jumlah tersebut FMIPA Unila mendapatkan sebanyak 15 formasi dosen yang terbagi menjadi 2 kategori yaitu pendaftar umum dan pendaftar berstatus cumlaude.

Prosen pendaftaran secara online pun sudah dimulai sejak tanggal 28 September 2018. Setelah melalui seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dasar, tiba bagi Universitas Lampung untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Desember 2018 di seluruh fakultas. Adapun jumlah pelamar untuk formasi dosen di FMIPA Unila yang mengikuti seleksi kompetsi bidang ini sebanyak 22 orang.

Pada hari pertama (13 Desember 2018), para peserta melaksanakan ujian tertulis dimana hal ini merupakan tahap awal dari seleksi kompetensi bidang. Setelah selesai dengan ujian tertulis tersebut, para peserta diwajibkan mengikuti serangkaian tes kembali yang meliputi test praktik mengajar, wawancara, dan test kesehatan. Dari hasil akumulasi serangkaian test tersebut, maka akan didapatkan hasil seleksi komptensi bidang untuk menentukan pelamar yang diterima sebagai CPNS di Universitas lampung.

FMIPA Unila sendiri melaksanakan test praktik mengajar dan wawancara pada tanggal 14 Desember 2018. Untuk test praktik mengajar para pelamar wajib membuat slide presentasi yang berisikan materi pengajaran yang telah temanya ditentukan oleh masing-masing jurusan. Selanjutnya slide tersebut kemudian dipresentasikan di depan para tim penilai yang telah ditunjuk oleh masing-masing jurusan selama 30 menit. Untuk pelaksanaan wawancara, para pelamar akan diwawancarai oleh para pejabat terkait di FMIPA, yakni Dekan beserta para Wakil Dekan.

Dari hasil seleksi ini, kiranya para pelamar yang dinyatakan diterima dapat terus mengabdi dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan FMIPA Unila dalam hal pemenuhan Tri Dharma Perguruan tinggi. (red. Ali Suhendra)

Check Also

Peraturan Rektor Tentang Pedoman Kehadiran ASN di Lingkungan Universitas Lampung

FMIPA Unila – Kehadiran di tempat kerja merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang …

Leave a Reply