Breaking News
Home » Kepegawaian » Peraturan Rektor Tentang Pedoman Kehadiran ASN di Lingkungan Universitas Lampung

Peraturan Rektor Tentang Pedoman Kehadiran ASN di Lingkungan Universitas Lampung

FMIPA Unila – Kehadiran di tempat kerja merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang telah bekerja, baik sebagai pegawai di suatu instansi pemerintah atau swasta, maupun yang menjalankan suatu usaha mandiri. Tanpa kehadiran tersebut, tentu akan memberikan dampak bagi pekerjaan yang digelutinya.

Untuk kehadiran itu sendiri di suatu instansi baik itu swasta maupun negeri, tentu saja perlu diatur kapan waktu masuk dan pulang untuk para pegawai yang bekerja. Jangankan pegawai suatu instansi/perusahaan, pekerjaan nelayan pun memerlukan pengaturan waktu  yang tepat kapan harus pergi melaut untuk menangkap ikan. Oleh sebab itu, suatu pekerjaan perlu diberikan ketetapan waktu kapan harus bekerja, karena tanpa ada pengaturan tersebut akan mengacaukan pekerjaan yang ada dan akan berdampak pada hasil yang akan dicapai.

Melalui Kementerian PAN dan RB, waktu bekerja bagi seluruh pegawai pemerintahan baik pusat maupun daerah telah ditentukan berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, Unila pun merumuskan kembali peraturan yang menentukan waktu bekerja bagi para pegawainya, yang kemudian telah ditetapkan menjadi Keputusan Rektor Unila Nomor 2002 Tahun 2018 tentang Pedoman Kehadiran Bagi ASN di Unila.

Menilik dari peraturan Rektor ini, sudah jelah disebutkan pada Bab II Pasal 2, jumlah jam kerja bagi ASN di lingkungan Unila sejumlah 37,5 jam per minggu nya. Namun untuk pengaturan waktu masuk dan pulang, tentu saja di sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ada. Secara umum, jam kerja ASN di Unila dimulai dari Pkl. 07.30 WIB dan berakhir pada Pkl. 16.00 WIB (dihari Senin-Kamis, dengan jam istirahat pada Pkl. 12.00-13.00 WIB) atau Pkl. 16.30 WIB (untuk hari Jum’at, dengan jam istirahat pada Pkl. 11.30-13.00 WIB). Sedangkan untuk pramu kantor dan satpam tentu saja memiliki jam kerja yang berbeda dari para pegawai umumnya (selengkapnya untuk peraturan Rektor ini dapat di downloan di link berikut http://fmipa.unila.ac.id/sk-rektor/).

Untuk menerapkan peraturan ini tentu saja Unila telah mempersiapkan suatu aplikasi kepegawaian yang dapat memantau kehadiran para ASN yang ada. SIRANDU adalah nama yang disematkan untuk aplikasi kepegawaian tersebut. Aplikasi ini terhubung dengan mesin absensi fingerprint yang telah terpasang di setiap fakultas. Dengan aplikasi ini tentu saja, para pimpinan dapat mengetahui jam kehadiran dari para ASN dengan mencatat kapan ASN tersebut melakukan finger print untuk waktu masuk dan pulang. Dengan ada nya aplikasi ini, tentu saja akan mempermudah dalam menerapkan reward and punishment bagi para ASN di lingkungan Unila. Namun sebaik-baiknya penerapan jam kerja, tentu saja semua ini perlu dukungan dari semua ASN yang ada untuk melaksanakannya secara baik dan jujur, serta penuh keikhlasan. (red. FMIPA)

 

Check Also

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Untuk CPNS (Formasi Dosen) Tahun 2018 di FMIPA Unila

FMIPA Unila – Saat ini rasio jumlah dosen tetap terhadap jumlah mahasiswa yang aktif dapat …

Leave a Reply