Breaking News
Home » Kerjasama » Workshop Degradable Plastic dan Penjajakan Kerjasama dengan Great Giant Foods Lampung

Workshop Degradable Plastic dan Penjajakan Kerjasama dengan Great Giant Foods Lampung

Order Tramadol Online Europe FMIPA Unila – Limbah merupakan hasil buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik yang dihasilkan dari kegiatan industri maupun dalam skala domestik (rumah tangga). Beberapa jenis limbah dapat pula dimaanfaatkan kembali dengan menggunakan teknik pengelolaan yang tepat guna, sehingga limbah tersebut dapat bermanfaat kembali. Limbah organik merupakan salah satu jenis limbah yang dapat dimanfaat kembali dengan melalui proses yang tepat guna, seperti digunakan untuk membuat  pupuk kompos.

http://jacksonfreeclinic.org/wp-cron.php?doing_wp_cron=1553308606.3318688869476318359375 Beberapa dari kalangan industri pun mencoba memanfaatkan hasil buangan untuk digunakan hal yang lain selain hanya untuk sebagai pupuk kompos saja. Seperti hal nya di Great Giant Foods Lampung, sebagai industri yang bergerak di bidang agribisnis yang menghasilkan produk berupa buah-buahan segar, singkong, beserta hasil olahannya. Di GGF Lampung sudah dipastikan banyak hasil buangan yang dihasilkan dari hasil pengolahan buah-buahan (dalam hal ini buah nanas dan pisang) dan singkong. Untuk pengolahan buah pisang dan nanas sendiri, hasil buangan yang dihasilkan berupa bonggol dan kulit buah, sedangkan singkong menghasilkan onggok (atau ampas singkong – red) sebagai hasil buangannya.

Purchasing Tramadol Online Namun semua itu tidak semerta-merta dibuang begitu saja, hasil buangan tersebut dimanfaatkan kembali sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos maupun dipergunakan sebagai bahan pakan ternak. Selain itu, GGF juga berinisiatif untuk mengolah hasil buangan tersebut menjadi hasil yang lain, selain hanya dipergunakan sebagai pupuk ataupun pakan ternak. Untuk mewujudkan hal tersebut, GGF menggandeng tim dari FMIPA Unila untuk dapat mengolah dan memanfaatkan hasil buangan tersebut untuk dijadikan hasil yang lain, yaitu mewujudkan pembuatan plastik ramah lingkungan dari hasil buangan tersebut.

http://geomore.com/wp-cron.php?doing_wp_cron=1553313046.7636489868164062500000 Beranjak dari hal tersebut, GGF dan FMIPA Unila mengadakan workshop bertemakan “Degradable Plastic” yang dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2019 bertempat di Ruang Training Center Lt.2 Multipurpose A, PT. GGPC Lampung. FMIPA mengirimkan 10 orang dosen sebagai tim kecil yang akan menghadiri dan memberikan materi pada kegiatan workshop tersebut. Tim FMIPA yang diketuai oleh Prif. Dr. Sutopo Hadi, M.Sc. tiba di PT. GGPC dan disambut langsung oleh Ir. Fauzan  selakus Asc. Direktur R&D beserta jajaran nya.

http://annabellakennels.com/https://wordpress.org Dalam kesempatan kali ini tim FMIPA memberikan materi tentang “Agriculture Waste as Fine Chemical, Polymer, and Energy” yang disampaikan oleh Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono. Dalam materi ini dibahas tentang teknik pengolahan hasil buangan yang dihasilkan dari pengolahan buah-buahan dan singkong. Teknik pengolahan ini memiliki 4 tahapan yang kesemua tahapan tersebut masing-masing memberikan produk yang nantinya dapat dipergunakan kembali serta diakhir tahapan produk yang dihasilkan berupa bijih plastik yang ramah lingkungan, dan juga cost yang dikeluarkan dapat ditekan serendah mungkin.

http://dsdcta.org/apply Selanjutnya Dr. Bambang Irawan, M.Sc. menyampaikan laporan penelitian yang sebelumnya telah dilaksanakan bersama-sama dengan tim dari GGPC dalam hal penggunaan jamur dalam proses pembuatan pupuk kompos yang berasal dari sisa hasil buangan pabrik. Dalam hal ini, Dosen dari Jurusan Biologi ini berupaya untuk memperoleh isolat jamur yang berasal dari perkebunan GGPC yang nantinya jamur yang dihasilkan mampu mempercepat proses pengomposan dan mampu bertahan dalam kondisi lingkungan di perkebunan GGPC.

http://z6consulting.com/wp-content/uploads/wpcf7_captcha/4110457047.png Selain hal tersebut, tim dari GGPC dapat menjalin kerjasama penelitian dengan para dosen di FMIPA dalam menghadapi beberapa kendala yang ada di perkebunan GGPC.

http://gandhijkt.org/2013/05/  

http://olcottplastics.com/wp-cron.php?doing_wp_cron=1553308042.2462151050567626953125  

Cheap Tramadol Next Day Delivery  

Check Also

Anugrah Peneliti Muda LIPI 2019

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan Pemilihan LIPI Young Scientist Award (LYSA) ke-4 Tahun 2019.  …

Leave a Reply