SEMIRATA 2017 UNIVERSITAS JAMBI

Jambi.  Pada tanggal 12 – 14 Mei telah diadakan Seminar dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) BKS PTN Wilayah Barat di Universitas Jambi.  Acara tanggal 12 Mei diisi Welcome Dinner dan Openning Ceremony. Paduan Suara tuan rumah menghibur para peserta seminar dengan menampilkan berbagai lagu daerah dari Aceh Darussalam hingga Provinsi Lampung, kemudian lagu dari Jawa Barat, Banten, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Pada tanggal 13 Mei dilanjutkan acara secara paralel Seminar Nasional dan Rapat Tahunan. Seminar Nasional meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Pendidikan MIPA. Sedangkan rapat tahunan adalah rapat para Dekan FMIPA BKS PTN Barat serta Rapat para Ketua Jurusan .

Tanggal 14 Mei para peserta Semirata mengikuti wisata City Tour yang disediakan oleh Panitia, yaitu menyusuri kota Jambi, menikmati wisata Sungai Batanghari dengan menyeberangi Jembatan Gentala Arasy dan dianjutkan mengunjungi Candi Muaro Jambi

Semirata 2017 Jambi
Dekan bersama Dosen FMIPA Unila dalam acara Welcome Dinner di Ratu Conventional Centre

 

IMG_25600513_135353
Rapat Ketua Jurusan Fisika BKS PTN Wilayah Barat
IMG_25600513_154805
Foto bersama Ketua Jurusan Fisika BKS PTN Wilayah Barat
IMG_25600514_095734
Foto di depan Candi Muaro Jambi (Candi Budha)

 

IMG_25600513_105121
Kajur Fisika Unila di sela-sela acara Welcome Dinner

LOMBA LCT FISIKA FIESTA XVI 2017 TK. SMA/MA

Bandar Lampung, Telah berlangsung Lomba Cepat Tepat Fiesta XVI tingkat SMA/MA se-
Propinsi Lampung pada hari Sabtu, 29 April 2017 di Gedung Fisika Baru R 3.3. Adapun babak penyisihan dilakukan sebanyak 6 ronde. Dengan menghasilkan 2 ronde di babak semifinal. Sedangkan Babak final diikuti oleh 4 tim dari beberapa sekolah yaitu SMA Kristen 1 Metro, SMA Al Kautsar, MAN 1 METRO, dan SMAN 1 GADING REJO.
.
.
Dan hasil akhir pertandingan adalah, juara diraih oleh:
1. SMA KRISTEN 1 METRO
2. SMA Al Kautsar BDL
3. SMAN 1 GADING REJO
.
Untuk juara harapan 1 diraih oleh:
MAN 1 METRO

LCT2017A
Suasana saat lomba di R3.3 Gd. Fisika Baru

 

LCT2017B
Para pemenang lomba dari ketiga SMA

 

LCT2017C
Foto bersama pemenang lomba dengan Tim Juri : Bpk Dr. Junaidi (bajubatik biru) dan Dr. Agus Riyanto (baju putih bermotif)

Sumber : https://www.facebook.com/HIMAFI-FMIPA-UNILA-118056371545772/

Pembukaan Acara Fiesta XVI 2017

IMG-20170429-WA0003
Telah diadakan acara Pembukaan Fiesta XVI 2017 pada hari Sabtu, 27 April 2017 di Gedung Fisika  R 2.3 dalam rangka mengawali serangkaian kegiatan yang dihelat oleh HIMAFI kepengurusan Tahun 2017. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Alumni, Drs. Suratman, M.Sc, dihadiri oleh Sekretaris Jurusan Fisika Bpk Gurum Ahmad Pauzi, M.T mewakili Jurusan Fisika.

MoU Antara FMIPA UNILA dengan Desa Binaan Brajaharjosari Kec Brajaselebah Lampung Timur

Lampung Timur, Hari Jum’at dan Sabtu (14-15 April 2017) Dekan FMIPA beserta rombongan  terdiri dari para Wakil Dekan dan Ketua Jurusan, serta  dosen jurusan Fisika, Kimia, Matematika, Biologi dan Ilmu Komputer berkunjung ke Desa Braja Harjosari dalam rangka penandatanganan perjanjian kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Bertempat di Balai Desa Braja Harjosari, penandatangan pertama kali antara FMIPA Unila (Dekan, Prof. Warsito, S.Si., DEA., Ph.D.) dengan Desa Braja Harjosari (Kepala Desa, Misbaqul Munir, S.Ag.), yang selanjutnya dilakukan penandatanganan kerjasama antara FMIPA Unila dan Dinas Sosial Lampung Timur (Kepala Dinas, Mahmud Yunus, SKM., M.MKm.). Kerjasama ini dilakukan dalam konteks kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dimana para dosen ataupun mahasiswa FMIPA Unila dapat melakukan pengabdian masyarakat di desa tersebut.

Selain kedua pihak terkait tersebut, FMIPA Unila juga mengadakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Desa Labuhan Ratu VII dengan lokasi penandatangan berada di Rumah Konservasi yang terletak di Desa Labuhan Ratu VII. Untuk Desa Labuhan Ratu VII, perjanjian kerjasama dilakukan oleh Kepala Desa Labuhan Ratu VII  Edi Sutanto, dengan disaksikan oleh para Ketua Jurusan dan Dosen FMIPA Unila, serta masyarakat sekitar.

Dekan berharap dengan adanya perjanjian kerjasama ini dapat memberikan dampak yang positif bagi keduabelah pihak, serta dapat terus berlanjut kedepannya. Mulai tahun 2018,  tiap tahun FMIPA Unila akan mengirim Dosen dan Mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian masayarakat maupun penelitian.

Desa Brajaharjosari dan Desa Labuhan Ratu VII sebelumnya merupakan desa binaan Jurusan Biologi FMIPA Unila yang sudah diinisiasi sejak tahun 2013, khususnya oleh dosen Biologi yaitu Bu Elyzarti, Bu Nuning Nurcahyani, Pak Priyambodo dan Pak Tugiono yang concern dengan masalah lingkungan.

Desa Brajaharjosari di kecamatan Brajaselebah merupakan Desa Wisata Binaan yang siap menerima turis lokal maupun mancanegara dengan program unggulan Agrowisata. Para turis diajak menikmati aktivitas petani seperti bersawah atau berkebun. Di desa ini terdapat kebun jambu kristal dimana pengunjung dapat memetik langsung dari pohonnya dengan harga 15 ribu per kilo. Adapun wisata budaya yang ada adalah adat kesenian Bali dimana masyarakat setempat berasal dari Bali yang hijrah (transmigrasi ) ke Lampung sekitar tahun 1964, demikian kata Pak Wayan Rute Yase salah seorang tokoh Bali di Desa Brajaharjosari. Saat kami berkunjung disuguhkan dengan tari-tari Bali seperti tari kencak, tari ngibing dll.

Desa Labuhan Ratu VII merupakan desa penyangga Taman Nasional Way Kambas, tempat melestarikan gajah lampung.

IMG_3981-300x200
(Dekan FMIPA Unila menandatangani MoU, disaksikan Kepala Desa Brajaharjosari)

IMG_4011-300x200
(Dekan FMIPA Unila menyerahkan plakat kenang-kenangan kepada Kepala Dinas Sosial Lampung Timur)

IMG_4015-300x200
(Foto bersama segenap Pimpinana FMIPA Unila dan Jajaran Perangkat Desa Setempat dan Dinas Lampung Timur)

Pelepasan Wisuda Sarjana Fisika 22 Maret 2017

IMG_20170322_133019

Acara pelepasan wisuda sarjana dan magister Fisika dihadiri oleh Ketua Jurusan Fisika Arif Surtono M.Eng dan keluarga wisudawan / wisudawati. Pada kesempatan ini Kajur Fisika berpesan agar para alumni tidak berhenti menjadi pembelajar, jangan puas dengan apa yang diraih sekarang. Di tempat bekerja nanti laksanakan amanah dengan sungguh-sungguh, karena di dunia kerja  seseorang hanya akan dilihat dari prestasi kerjanya, bukan dari mana Anda di luluskan. Oleh karena itu jaga nama baik almamater agar menjadi kebanggaan adik-adik, almamater dan keluarga

Pada wisuda kali ini sebanyak 13 Sarjana S1 Fisika dan 2 orang Magister Fisika diwisuda di GSG Unila.

IMG_20170322_135045

Penyerahan piagam penghargaan kepada lulusan FisikaIMG_20170322_135252

Foto bersama dengan wisudawan/wisudawati