Beranda » Kemahasiswaan dan Alumni » FMIPA Unila Membangun Donasi Untuk Mahasiswa Terdampak Pandemi Covid-19

FMIPA Unila Membangun Donasi Untuk Mahasiswa Terdampak Pandemi Covid-19

FMIPA Unila – Seperti yang kita ketahui sebelumnya, akibat dari pandemi Covid-19 bagi dunia internasional sendiri sangat terasa. Di Indonesia sendiri, sejak bulan Maret 2020 ini telah mengambil beberapa kebijakan guna mencegah penyebaran COvid-19. Dari beberapa kebijakan tersebut, yang sangat terasa dampak nya bagi perantauan adalah pembatasan untuk melaksanakan mudik saat libur Hari Raya Idul Fitri.

Selain masyarakat umum, akibat yang dirasakan dari kebijakan ini adalah keberadaan mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Lampung yang sedang melanjutkan studi nya di Universitas Lampung. Mereka kesulitan untuk melakukan mudik atau pulang kampung dan terpaksa tinggal dahulu di kost-kostan selama pembatasan mudik tersebut. Selain itu juga, banyak dari mereka yang mengalami kesulitan ekonomi dimana disebabkan kesulitan keuangan orang tua mereka sebagai dampak ekonomi akibat Covid-19 ini.

Berdasarkan hal tersebut, para Pimpinan FMIPA Unila pun mengambil inisiatif untuk megumpulkan donasi yang nantinya akan digunakan untuk membantu mahasiswa tersebut. Langkah pertama pun diambil, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni bersama dengan BEM-FMIPA mendata mahasiswa-mahasiswa yang merasakan langsung dampak dari pandemi Covid-19.

Dari hasil pengumpulan donasi tersebut diperoleh sebanyak Rp. 8.075.000 yang bersaal dari donasi para dosen, tenaga kependidikan, serta ikatan alumni dan beras 5kg sebanyak 25 karung yang berasal dari KNPI Bandar Lampung yang diserahkan melalui Ketua Ika Matematika.

Donasi tersebut kemudian disalurkan kepada mahasiswa yang membutuhkan. penyaluran bantuan tersebut berupa pengadaan paket makan sebanyak 3 kali sehari, dana tunai kepada 40 orang mahasiswa, dan beras sebanyak 5 kg kepada 25 orang mahasiswa. Pemberian bantuan ini dilaksanakan di depan Gedung Dekanat FMIPA Universitas Lampung pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Check Also

FMIPA Melakukan Pembinaan Kepada Calon Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Lampung

FMIPA Unila – Seperti kita ketahui sebelumnya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan salah satu ajang yang …