Beranda » Pengabdian » Merayakan Idul Adha : FMIPA Unila Menyembelih 4 Ekor Kambing Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Merayakan Idul Adha : FMIPA Unila Menyembelih 4 Ekor Kambing Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

FMIPA Unila – Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 kemarin, FMIPA menyembelih sebanyak 4 ekor kambing sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat dan limpahan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. Keempat ekor kambing yang dibeli oleh FMIPA Unila merupakan hasil sumbangan dari segenap Pimpinan dan dosen di lingkungan FMIPA.

Kegiatan penyembelihan ini sendiri yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2019 satu hari setelah hari Raya Idul Adha, bertempat di taman FMIPA Unila. Kegiatan ini secara langsung dipantau oleh Dekan FMIPA dengan didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dari kegiatan penyembelihan ini didapatkan sekitar 100 kantong daging kurban yang akan dibagikan kepada seluruh tenaga kontrak dan beberapa orang mahasiswa yang ada di lingkungan FMIPA Unila.

 

HARI RAYA IDUL ADHA

Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya bagi umat muslim di seluruh dunia yang diperingati sebagai peristiwa berkurban, yaitu peristia dimana Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah SWT, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Pada saat sekarang ini selain domba yang menjadi hewan kurban, hewan ternak lain seperti kambing dan sapi juga dapat dijadikan hewan kurban, bahkan di beberapa daerah di Indonesia ada yang berkurban berupa hewan kerbau.

Selain itu Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji dimana umat muslim di seluruh dunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) untuk berangkat menuju Mekkah untuk menunaikan Ibadah Haji yang merupakan Rukun Islam yang ke-5. Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat islam bermalam di mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan ) pada tanggal 10 Dzulhijjah

Author: Ali Suhendra