Beranda » Program Sarjana

Program Sarjana

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu dari 8 fakultas di Universitas Lampung (Unila), saat ini menyelenggarakan pendidikan pada tingkat diploma, sarjana, magister dan doktor untuk menghasilkan lulusan berkarakter dan berdaya saing global. FMIPA memiliki 6 program sarjana yang tersebar di 5 Jurusan meliputi: S1 Biologi dan S1 Biologi Terapan di Jurusan Biologi, S1 Kimia di Jurusan Kimia, S1 Fisika di Jurusan Fisika, S1 Matematika di Jurusan Matematika dan S1 Ilmu Komputer di  Jurusan Ilmu Komputer.

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM SARJANA

Standar kompetensi Lulusan PS Biologi dibedakan atas Kompetensi Utama dan Kompetensi Pendukung. Kompetensi utama merupakan kompetensi penciri dari PS Biologi, sedangkan kompetensi pendukung merupakan kompetensi yang menjadi ciri dari Universitas Lampung. Selengkapnya, elemen kompetensi lulusan dan deskripsi masing-masing elemen tersebut diasjikan pada Tabel berikut:

A. KOMPETENSI UTAMA

1 Memiliki karakter kepribadian kuat dan berintegritas tinggi
(Elemen Pengembangan Kepribadian, MPK)
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasakan agama, moral, dan etika;
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawabpadanegaradanbangsa;
2 Menguasai pengetahuan kebiologian
(Elemen Keahlian Berkarya, MKB)
  1. Menguasai prinsip-prinsip Biologi, sumber daya hayati dan lingkungan.
  2. Menguasai konsep aplikasi Biologi dan teknologi yang relevan dalam pengelolaaan sumber daya hayati dan lingkungannya.
  3. Menguasai prinsip dasar aplikasi perangkat lunak, instrumen dasar, metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang biologi yang umum dan spesifik.
3 Memiliki ketrampilan kerja khusus dalam bidang biologi
(Elemen Perilaku Berkarya, MPB)
  1. Mampu menyajikan alternatif solusi dalam memecahkan masalah terkait pengelolaan sumber daya hayati dan lingkungan secara berkelanjutan melalui penerapan pengetahuan, metode biologi dan teknologi yang relevan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat.
  2. Mampu mengaplikasikan keilmuan Biologi pada lingkupkehidupan sehari-hariyangbermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mampu mengelola sumber daya hayati dan lingkungan dalam lingkup spesifik.
4 Memiliki ketrampilan kerja umum sebagai sarjana
(Elemen Keilmuan dan Ketrampilan, MKK)
  1. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi ata ulaporan tugas akhir
  3. mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian biologi, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat,baik di dalam maupun luar lembaganya.

B. KOMPETENSI PENDUKUNG

1 Menguasai kaidah berkehidupan bermasyarakat dalam lingkup profesi dan keilmuan biologi

(Elemen Berkehidupan Bermasyarakat, MBB)

  1. Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja.
  2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dankewirausahaan;