Beranda » Kemahasiswaan dan Alumni » Sebanyak 685 Orang Mahasiswa Baru FMIPA Unila Mengikuti PKKMB Tahun 2019

Sebanyak 685 Orang Mahasiswa Baru FMIPA Unila Mengikuti PKKMB Tahun 2019

FMIPA Unila – Tercatat sebanyak 685 orang mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikannya di ke-7 Program Studi (6 Prodi. Sarjana dan 1 Prodi. Diploma) yang ada di lingkungan FMIPA Universitas Lampung. Untuk Prodi. Sarjana sebanyak 650 orang mahasiswa baru yang terdiri dari Prodi. S1 Kimia 139 orang, S1  Biologi 102 orang, S1. Matematika 143 orang, S1 Fisika 129 orang, S1 Ilmu Komputer 99, dan S1 Biologi Terapan 38 orang. Sedangkan untuk Prodi. Diploma 3 Manajemen Informatika sebanyak 35 orang mahasiswa baru.

Sebelum melaksanakan rutinitas perkuliahan mahasiswa baru tersebut harus mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan pada tanggal 13-16 Agustus 2019.

PKKMB dibagi menjadi 3 tingkat pelaksanaan yaitu ditingkat Universitas, Fakultas, dan Jurusan. Ditingkat Univesitas PKKMB dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2019. untuk materi kegiatan, pada tanggal 13 Agustus, mahasiswa baru dikondisikan terlebih dahulu di lapangan sepakbola Unila untuk melaksanakan gladi kotor dan pembuatan formasi khusus yang biasanya dilakukan saat-saat awal PKKMB, yang kemudian dilanjutkan di Gedung Serba Guna (GSG) unila untuk mendapatkan materi kuliah umum dari perwakilan Danrem-043 tentang “Kesadaran Bela Negara Melalui Revolusi Mental” dan dari Kapolda Lampung tentang “Bahaya Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, dan Narkoba”

Pada tanggal 14 Agustus, kegiatan PKKMB dimulai dengan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan di GSG Unila. Setelah itu, mahasiswa baru akan diperkenalkan segenap Pimpinan yang ada ditingkat Universitas Lampung, yang dilanjutkan pemberian materi khusus tentang kehidupan kampus yang diberikan oleh perwakilan Pimpinan Universitas. Materi pertama diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik tentang Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0″  dan  materi kedua diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni tentang “Pendalaman Empat Pilar”. Kegiatan terakhir PKKMB di tingkat Universitas diisi dengan perkenalan BEM-U, DPM-U, dan segenap UKM-U yang ada dilingkungan UNiversitas Lampung.

Untuk di tingkat Fakultas, PKKMB dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 yang bertempat di pelataran parkir depan Gedung Biologi FMIPA Unila. Kegiatan PKKMB di tingkat Fakultas diisi oleh kegiatan perkenalan segenap Pimpinan di FMIPA Unila, pemberia materi oleh para Wakil Dekan, dan diakhiri dengan perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada dilingkungan FMIPA Unila. Untuk pemberian materi, materi pertama tentang “Peraturan Akademik dan Plagiarisme” disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, materi kedua tentang “Kode Etik dan Fasilitas Mahasiswa di FMIPA Unila” oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, dan materi ketiga tentang “Kegiatan Kemahasiswaan dan Program Kreativitas Mahasiswa” yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pelaksanaan PKKMB tingkat Jurusan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019 yang berlokasi di masing-masing jurusan. Kegiatan PKKMB di jurusan diisi dimulai kegiatan Perkenalan dengan Pimpinan Jurusan, Ketua Program Studi, serta dosen yang ada dimasing-masing jurusan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang motivasi dan kiat sukses di Perguruan Tinggi, sistem perkuliahan yang ada disetiap jurusan, dan diakhiri dengan perkenalan dan pembagian Dosen Pembimbing Akademik untuk setiap mahasiswa baru.

Penutupan kegiatan PKKMB tahun 2019 dilaksanakan di masing-masing jurusan yang ada di lingkungan Universitas Lampung, namun untuk keesokan harinya yaitu pada tanggal 17 Agustus 2019 semua mahasiswa baru diwajibkan mengikuti Upacara Bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Author: Ali Suhendra

Check Also

Workshop Pengenalan Dunia Kerja Untuk Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan VI (Angkatan tahun 2015)

Sehubungan dengan pelaksanaan Workshop Pengenalan Duia Kerja bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi angkatan VI, maka …